FENOMENA BUS BERTOPI
Well saat ini Perkembangan industri karoseri bus di Indonesia memasuki babak baru tren model bus, utamanya bus dengan jenis High Deck. Kesempatan bus dibuat lebih tinggi terbuka dengan hadirnya Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan yang mengatur ketentuan baru jenis-jenis kendaraan yang bisa dibuat di Indonesia. satu hasilnya terlihat dua tahun kemudian, yup tahun 2014-2015 muncul banyak karoseri menawarkan bus berlantai tinggi atau lebih dikenal dengan sebutan High Deck (HD), baik itu model High Deck, SHD ( Single High Decker), maupun model DD ( Double Deck ) , dari namanya juga dah keliatan, perbedaan Bis HD dan non HD, yups perbedaan terletak pada ketinggian bus itu sendiri, dan ketinggian lantai bus , terlihat jelas bus HD lebih tinggi dari non HD.
Tenyata Masih Banyak Orang yang Bingung cara Bedain bus HD , HDD , SHD , DG , Dan Non HD , Nah TS yang Nubi banget disini mau nyoba jelasin bagaimana Tinggi Bis yang Beredar di Indonesia serta gimana Cara bedainnya hehehe
Quote:1. Bus Non HD / Normal Deck
Quote:
Bus Normal Deck atau sering dikenal dengan Non HD yaitu bus yang paling umum ditemukan , biasanya pada bus bus keluaran sebelum tahun 2009 , seringkali juga ditemukan di bus kelas ekonomi ataupun mesin depan (Meskipun udah jarang sih sekarang )
Ciri - Cirinya yaitu Tinggi bus kurang lebih 3000 mm sampai 3300 mm dari tanah ke atap bus , Tinggi tempat duduk Driver yang sejajar atau lebih tinggi dari tempat duduk penumpang , bagasi bawah yang tidak terlalu luas , dan juga seringkali di Bus bumel / Ekonomi mesin depan biasanya ditemui gundukan besar yang mengurung mesin , sering disebut "Kuburan"
Spoiler for Kuburan Mesin:
Bus Non HD
Bus Bumel Non HD Vs Bus Hi Deck (HD)
- HD (Kanan) dan Non HD (Tengah dan Kiri)
Quote:2. Bus Hi Deck (HD)
Quote:Hi Deck yaitu bus yang memiliki body yang lebih tinggi dari Normal deck , Mulai Ngetren pada Taun 2009, diawali dengan Munculnya New Marco Adiputro , Trisakti Phoenix , dan Laksana Legacy . Ciri Cirinya yaitu Tinggi bus kurang lebih 3400 - 3500 mm, hanya beda 10 cm dari bis biasa , sehingga dilihat dari luar secara kasat mata agak susah bedain mana bus HD dan Non HD. Pada Interior , Tempat duduk Driver pada bus HD lebih rendah dari bangku penumpang , dan pada bus mesin depan , sudah tidak ditemui "kuburan mesin"
- Beda bus HD dan Non HD
- Bus HD
- Bus HD Mesin Depan
- Interior bus HD Mesin depan
3. Bus Super High Deck (SHD)
Nah ini model bis yang lagi ngetren pada saat ini , Bus SHD diperkenalkan pada GIIAS 2015 , Pertama kali dibangun Diatas Chassis Scania K360iB yang kemudian menjadi Armada dari Po. Pandawa 87 Semenjak itu SHD menjadi Tren Perbusan di Indonesia , Kebanyakan dibangun pada Chassis Hino RK8 , Mercedes Benz OH1836 , dan Scania K360iB .
Namun sebelum hadirnya SHD dari Adiputro , telah ada SHD yang diproduksi oleh karoseri lain , diantaranya yaitu Tourliner dan Euroliner dari Rahayu sentosa
Euroliner
Muat dimasukin motor gan
Abahna SHD , Tourliner RS , Kelihatan kalau Kaca depan samping udah numpuk
Perbedaan dari bus SHD dibanding HD dan Non HD sangat Terlihat Jelas , Pada Eksterior depan , Face bus seringkali menjadi lebih rendah , Ciri Khas bus SHD pada beberapa karoseri yaitu memiliki sekat antara 2 kaca yang sering disebut orang awam sebagai "Topi" atau "Bando" , Pada bagian belakang , Bagian Grill lebih Tinggi dari bus HD serta Jarak antara kaca belakang dan Grill yang lebih lebar dari bus HD , pada bagian dalam, Tempat duduk penumpang lebih tinggi dari tempat duduk driver , dan pada bagian bagasi yang lebih lebar , bahkan dapat dimasukkan motor didalamnya dalam kondisi berdiri
Beberapa Karoseri yang Memiliki varian bus SHD yaitu Adiputro dengan Jetbus 2++ SHD nya , Rahayu Sentosa dengan Jetliner SHD , Laksana dengan Maxibus XHD , dan juga Tentrem dengan Avante nya, Selain itu juga mulai banyak Karoseri Karoseri kecil yang Sanggup membuat bus bertipe SHD, seperti contoh Anugrah dan Piala Mas
SHD Pertama
View SHD Dari Dalam (Jetbus SHD dan Avante)
SHD Bagian Belakang
Quote:Maxi Miracle
Quote:Jetliner
Quote:Tentrem Avante
Quote:Laksana Maxibus XHD
Quote:Perbandingan SHD dengan Beberapa bus Lain
HD Vs SHD
SHD Vs Evonext GT HD
SHD Vs Jupiter Li Non HD
Quote:4. Bus Hi Deck dengan Double Glass (HDD)
Quote:
Bus Hi Deck dengan Double Glass (Sering disebut HDD atau DG ) yaitu pengembangan selanjutnya dari bus SHD , body ini cocok diterapkan di chassis diluar spesifikasi SHD , semisal Hino RN Dan Mercedes Benz OH1526.
Perbedaan dengan SHD yaitu Body yang lebih rendah , sama tinggi dengan body HD , "Topi" yang lebih tipis dan terkadang sejajar dengan Deck penumpang , serta jumlah Grill belakang yang dikurangi
Beberapa Karoseri yang memiliki Varian Double Glass yaitu Adiputro dengan Jetbus 2++ HDD nya , Morodadi Prima dengan Tourismo DG , Laksana dengan Legacy SR2 DG , dan Rahayu sentosa dengan Jetliner HD
Quote:Adiputro HDD
Terlihat jumlah Grill yang lebih sedikit dari versi SHD
Quote:Morodadi Prima Tourismo DG
Quote:Rahayu Sentosa Jetliner HD
Quote:Laksana Legacy SR2 DG
Quote:4. Bus Double Decker / Bus tingkat
Quote:
Quote:Double decker bus yaitu bus yang memiliki tinggi kurang lebih 4150mm , dibagi menjadi 2 tingkat deck dihubungkan melalui tangga , Double decker pada bus AKAP terlebih dulu terkenal pada bus di negeri tetangga Malaysia, sebelum tren ini menular di Indonesia , Tren bus Double decker untuk bus AKAP diperkenalkan pertama kali oleh Adiputro dengan Produk Doubledeckernya pada GIAAS 2015 , Berbarengan dengan SHD , Tercatat baru Po. Sempati star Medan - Banda Aceh dan Po. Putera Mulya Jakarta - Solo yang Mengoperasikan unit Double decker pada jalur AKAP.
Sedangkan pada Jalur dalam kota, Double decker baru digunakan di Jakarta
Kelebihan dari Double decker yaitu kapasitas penumpang yang lebih banyak daripada Bus single deck , Jarak pandang yang lebih leluasa dan juga lebih mengefisienkan pengangkutan pada jalur padat penumpang , namun double decker juga memiliki kekurangan yaitu sering limbung , masih terbatas pada beberapa daerah karena adanya penghalang pada bagian atas seperti kabel dan pepohonan, serta kurang cocok pada medan yang berkelok dan menanjak
Untuk di Indonesia , sementara baru Chassis Mercedes Benz OH2542 , Man R37 dan Scania K410iB yang dapat dibangun untuk bus Double decker , Karoseri yang telah memproduksi Double decker yaitu Adiputro, New Armada , Rahayu Sentosa dan Nusantara Gemilang
Quote:Bus Double Decker
Bus Double Decker Vs Bus Hi Deck (HD)
Quote:Double Decker Werkudara City Tour Solo , BTW ini dibangun di atas Chassis MB 1521 loh, Edisi khusus oleh Trisakti
[
Tidak ada komentar:
Posting Komentar